PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS 8 SMP

Rezqy Ayu Devi Arafah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil dari LKS berbasis Means-Ends Analysis (MEA) pada materi persamaan garis lurus kelas 8 SMP yang valid, praktis dan efektif. Lembar kerja siswa ini dirancang dengan Canva dan memanfaatkan fitur liveworksheets dan diujicobakan pada siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan LKS ini adalah Model Four D. Hasil dari penelitian ini adalah nilai validasi LKS yang memenuhi kriteria cukup valid (2,9 dari 3) berdasarkan validator. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru LKS ini dikatakan praktis karena memperoleh kesimpulan yang sangat baik berupa komentar, kritik dan saran. LKS ini dikategorikan efektif berdasarkan hasil tes siswa yang terdapat pada langkah akhir LKS berbasis MEA keseluruhan siswa dinyatakan tuntas secara klasikal dengan persentase >=75% dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100, observasi aktivitas siswa sebesar  97,91% menunjukkan kriteria siswa sangat aktif dan hasil respon siswa sebesar 100% menunjukkan respon siswa positif. Adapun hasil penelitian ini sejalan dengan penelitan yang dilakukan oleh Aisyah (2018) yang menunjukkan hasil bahwa LKS berbasis MEA dengan strategi process log untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pengembangan model Plomp, menghasilkan produk yang valid, praktis, efektif serta layak untuk digunakan.


Keywords


lembar kerja siswa, means ends analysis, persamaan garis lurus

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Jurnal Repository Universitas PGRI Yogyakarta.

Aprilla, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arum, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Sifat-sifat Bangun Datar Berbasis Model Pembelajaran Quantum di Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Basuki, W. A., & Wijaya, A. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Realistic Mathematics Education. IOP of Conf. Series: Journal of Physics: Conference Series 1097, 012112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012018

Dian, K., & Sri, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, Volume 4 No. 1,Maret 2017 ISSN: 2355-3782, 4(1), 40. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71/61

Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), POE(Predict, Observe, Explain), Program Linier Matematika. 8(1), 96–109.

Hobri, Murtikusuma, R.P., Pambudi, D.S, Oktavianingtyas, E. Putri, M. A. K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas 7 SMP Pokok Bahasan Aritmetika Sosial dan Penggunaannya dalam Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–11.

Hobri. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.

Koestoro, T. T. D. Y. B. (2018). The Development of Student Worksheet Activities Based on Cooperative Peer Tutor in Accounting Materials in Senior High School at Xiigrade in West Lampung. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(4), 1464–1469. https://doi.org/10.21275/ART20181887

Mariyana, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Suhu dan Kalor SMP/MTs Kelas VII. EduFisika, 3(01), 96–108. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3867

Mesah, D. L. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Kecerdasan Ganda Pada Subtema Hidup Rukun di Sekolah Untuk Siswa Kelas Dua (II) Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma.

Munir, M., & Nur, R. H. (2017). The Development of English Learning Model Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) for Junior High School Students in South Sulawesi. International Journal of Science and Research (IJSR), 2(1), 31–39. https://doi.org/10.26858/ijole.v2i1.4326

Murtikusuma, R. P. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Model Problem Based Learning Untuk SMK Perkebunan Bertemakan Kopi dan Kakao. Pancaran, 5(4), 51–60.

Muslem, M., Hasan, M., & Safitri, R. (2019). Development of Student Worksheets Based on Problem Based Learning in Static Fluid. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(2), 564–567. https://doi.org/10.4108/eai.3-10-2018.2284387

Parenta. (2020). Model Pembelajaran Advance Organizer Collaboration Parenta. Aksara Timur.

Pratama, Y., Sariyatun, S., & Joebagio, H. (2017). The Development of Means-Ends Analysis and Value Clarification Technique Integration Model to explore the Local Wisdom in Historical Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(2), 179–187. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i2.5752

Riana, A. A. (2017). Application of Means Ends Analysis (MEA) Learning Model in Attempt to Improve Student’s High Order Thinking. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 145. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8688

Sagita, D. (2016). Peran Bahan Ajar LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 37–44.

Samsiyah, N. (2015). Pembelajaran Bahasa Indonesia: di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. CV. Ae Media Grafika.

Supendi, Ahmad, Jamiah, Yulis, Ahmad, D. (2017). Model Means Ends Analysis dan Direct Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).

Sutarti, T., Irawan, T. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.

Yanti, Y. D., Arcat, & Hardianto. (2016). Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media.

Yoradyastuti, R. (2019). The Effect of Using Means Ends Analysis ( MEA ) Model in Learning Geometry. Proceeding International Seminar of Primary Education, 2, 64–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v11i2.28824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rezqy Ayu Devi Arafah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.