ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA SISTEM PERAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Sevira Elza Erinaldy, Burhanudin Arif Nurnugroho

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan saat mengerjakan soal cerita. Analisis kesalahan siswa saat menyelesaikan soal cerita merupakan cara untuk mengetahui seberapa sulit siswa dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 4 Banguntapan ditinjau dari self-efficacy. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas VIII D. Metode pengumpulan data terdiri dari alat utama, alat pendukung, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi yang telah divalidasi oleh ahli dan memenuhi kriteria valid. Selanjutnya, 26 siswa diuji dengan soal tes dan angket self-efficacy. Data dikumpulkan melalui metode analisis reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat keberhasilan yang tinggi secara umum melakukan kesalahan transformasi, sedangkan siswa dengan tingkat keberhasilan rendah melakukan kesalahan memahami, transformasi, ketrampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.


Keywords


kesalahan siswa; prosedur newman; self-efficacy

Full Text:

PDF

References


Apriliani. (2019). Pengaruh Self Efficacy, Habit Of Mind dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Tallo.

Ayu, I. P., Mahayukti, G. A., & Made, N. S. M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita SPLDV Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/ika.v

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., Purwasih, R., Keguruan, I., Pendidikan, I., & Bandung, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi datar. Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1).

Dwi Sarah, Y. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA N 2 Ditinjau dari Self Efficacy. UNIVERSITAS ISLAM RIAU.

Dwi Sarah, Y., Ariawan, R., Nufus, H., & Rezeki, S. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills ditinjau dari Self Efficacy. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 71–82. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.18838

Firdausi. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Matriks Ditinjau dari Self-Confidence.

Hanipa, A., Triyana, V., & Sari, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTS di KAbupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, 01, No. 02, 15–22.

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Efficcay Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856

Indraswara, W. T., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau dari Self Efficacy. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1685–1708. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.324

Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self- Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. UJMER, 6(2), 251–258. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Mawardi, K., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Polya. Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Mukhith, A., & Fitri, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3.

Najiha Nadia, L., Budi Waluyo, S., & Isnarto. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. In UJMER (Vol. 6, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Nisak, T. K. (2019). Analisis Efikasi Diei (Self Efficacy) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII SMP Nuris JemberN.

Pratiwi Vitaloka, W., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. 9(2).

Rahmawati, S. F. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Ramadhani, R. (2020). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7.

Ribatul Hilda, N., & Karimah, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Turunan fungsi Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Self Efficacy. In Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan (Vol. 4).

Sulistyawati, M. R., Ayuningtyas, N., & Widadah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Persegi Ditinjau dari Self Efficacy Siswa.

Yamin, M., Wahyu Triutami, T., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel terhadap Efikasi Diri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2150




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v11i2.28705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sevira Elza Erinaldy, Burhanudin Arif Nurnugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.