PEMETAAN GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII REGULER MADRASAH MU'ALLIMIN TAHUN AJARAN 2023-2024

Muflih Abdullah Zufar

Abstract


Perkembangan zaman memberikan perubahan dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan hal mendasar yang dibutuhkan oleh manusia untuk menuju peradaban yang lebih baik. Sebagaimana tujuan pendidikan di Indonesia yang ingin membentuk watak peradaban bangsa. Pembelajaran menjadi salah satu faktor penentu dalam tercapainya tujuan pendidikan. Proses interaksi antara pendidik, siswa, dan lingkungan belajar dapat menjadi faktor berkembangnya kemampuan siswa. Kemampuan yang ingin dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Salah satu bentuk kemampuan koginitif adalah kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir adalah kemampuan dalam mendalami sesuatu dan menyelesaikan permasalahan. Telah banyak dilakukan penelitian tentang kemampuan berpikir, salah satunya adalah Gaya Berpikir Gregorc. Gaya berpikir adalah kemampuan seseorang dalam menerima, menyerap, dan memproses informasi. Gregorc menglasifikasikan gaya berpikir menjadi empat jenis, yaitu Gaya Berpikir Sekuensional Konkret (SK), Sekuensional Abstrak (SA), Acak Abstrak (AA), dan Acak Konkret (AK). Penelitian ini dilakukan pada Kelas VIII Reguler Madrasah Mu’allimin dengan jumlah 240 siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan angket gaya berpikir milik John Parks Le Tiller yang terdapat 15 kelompok kata untuk dipilih satu kata di setiap kelompoknya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, gaya berpikir siswa Kelas VIII Reguler Madrasah Mua’llimin didominasi oleh Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA) dengan persentase 32, 92 %. Sedangkan setiap kelas memiliki gaya berpikir berbeda-beda, meskipun didominasi Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA). Kelas A didominasi Gaya Berpikir Sekuensional Konkret (SK), Kelas C didominasi Gaya Berpikir Acak Konkret (AK), dan Kelas G didominasi Gaya Berpikir Sekuenional Abstrak (SA). Sedangkan Kelas B, Kelas D, Kelas E, Kelas F, dan Kelas H didominasi Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA).

Keywords


pemetaan, gaya berpikir, gregorc

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.28616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muflih Abdullah Zufar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.