APA SAJA KESALAHAN SISWA SAAT MENGERJAKAN SOAL CERITA MATERI HIMPUNAN?
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi siswa untuk melakukan kesalahan adalah kesulitan yang dialami siswa ketika menyelesaikan soal cerita dengan materi himpunan dan siswa kurang memahami konsep dasar materi. Kesalahan-kesalahan tersebut saat ini jarang diperhatikan dan dianalisis lebih lanjut. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan 32 siswa kelas VIIC SMP N3 Wonosari. Teknik pemilihan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan masalah berbentuk cerita pada materi himpunan adalah kesalahan pemahaman dan kesalahan transformasi. Kesalahan terbanyak terjadi pada tahap memahami masalah disebabkan karena siswa kurang teliti dalam memahami masalah dan kurang memahami konsep
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i4.28157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ema Apriliya, Aan Hendroanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.