ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI
Abstract
Di abad ke 21, siswa dituntut untuk menguasai ketiga kecakapan yaitu kualitas karakter, kompetensi dan literasi. Agar kecakapan tersebut dapat tercapai, diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar. Salah satu literasi yang erat kaitannya dengan kemampuan berpikir dan bernalar adalah literasi numerasi. Penelitian ini dilakukan dengan judul: “Kemampuan Siswa SD Kelas V dalam menyelesaikan soal literasi numerasi”. Penelitian ini dilakukan di SD Al Irsyad, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dan dilaksanakan mulai dari bulan Maret 2023 sampai Mei 2023 di SD Al Irsyad, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 15 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa berada pada kategori kurang sekali dan berada pada kategori kurang, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi masih rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ate, D. (2021). Enhancing Primary School Students' Competencies in Step-by-Step Controllable Argumentation. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73-82.
doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.3532
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. (U. N. Semarang, Hrsg.) Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(11), 27-35. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Koparan, T. (2015). Difficulties in Learning and Teaching Statistics: Teacher Views. (E. T. Francis, Hrsg.) International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1(46), 94-104. doi:http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2014.941425
OECD. (2016). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing. OECD. (2018). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.
PG Dikdas. (2020). Literasi dan Numerasi adalah Kompetensi yang Bersifat Mendasar. Von http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-dan-numerasi-adalah-kompetensi-yang bersifat-mendasar. abgerufen
Polya, G. (1957). A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press.
Sidik, S. G., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SD pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470.
Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koenksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
UNESCO Institute for Statistics. (2008). International literacy statistics: A review of concepts, methodology, and current data. Montreal, Canada: UNESCO Institute for Statistics.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.27130
Refbacks
- » —
Copyright (c) 2023 hera wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.