PENERAPAN INTEGRAL DALAM ANALISA NILAI SURPLUS KONSUMEN DAN PRODUSEN PADA INDUSTRI PETERNAKAN AYAM BROILER

Alvin Andrian Rivaldi, Noviana Salsabila, Rebecca Angelina Silaen, Joko Sutopo

Abstract


Peternakan ayam broiler potong merupakan salah satu sektor utama dalam industri Indonesia. Data dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menunjukkan bahwa peternakan ayam broiler berperan besar dalam produksi protein hewani, mencapai 71,35% dari total produksi daging di negara ini. Industri peternakan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat. Karena itu, penentuan harga jual daging ayam broiler perlu mempertimbangkan keseimbangan keuntungan bagi penjual dan pembeli. Dalam konteks ini, keseimbangan merujuk pada optimalisasi nilai surplus yang diterima oleh konsumen dan produsen berdasarkan harga yang tepat. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui penerapan metode integral. Pendekatan integral dapat diterapkan untuk mencari persamaan fungsi total yang menggambarkan surplus produsen dan surplus konsumen dalam penjualan ayam boiler. Sebelumnya, langkah pertama adalah menemukan fungsi penawaran dan fungsi permintaan. Dengan demikian, akhirnya dapat dicapai suatu titik keseimbangan yang memaksimalkan kepuasan baik bagi konsumen maupun produsen. Namun, perlu diingat bahwa meskipun nilai surplus produsen dapat meningkat dengan lebih banyak kepuasan dari pihak produsen, jika permintaan rendah maka nilai surplus dapat menjadi negatif, tetapi permintaannya cenderung rendah akan membuat nilai surplus menjadi negatif.


Keywords


integral; penawaran; permintaan; surplus konsumen; surplus produsen

Full Text:

PDF

References


Arsad. (2017). Analisis Potensi Wilayah Untuk Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba.

Bantacut, T. (2017). Pengembangan Kedelai untuk Kemandirian Pangan, Energi, Industri, dan Ekonomi. Soybeans Development for Food Sovereignty, Industrial, and Economy, 26(1), 81–95.

Hariqa, A., & Arifin, U. (2020). Analisis Permintan Daging Ayam di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 4(1), 1–10.

Herdiana, A. F. (2016). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah, 2, 1–11.

Kusumawardani, I. S., Gumila, I., & Rostini, I. (2016). Analisis Surplus Konsumen dan Surplus Produsen Ikan Segar di Kota Bandung (Studi Kasus di Pasar Induk Caringin). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 3(4), 141–150.

Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19.

Rionaldy. (2016). Penerapan Integral Dalam Bisnis. 1–12.

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18.

Tandun, D. A., Kustiawati, D., Istiqomah, N. K., & Qomarisyahda, N. (2022). Analisis Nilai Surplus Konsumen dan Produsen pada Industri Perikanan. Jurnal Universitas Pahlawan, Vol. 4 No., 6726–6732.

Wuran, F. A. W., & Arifin, H. (2018). Analisis Nilai Surplus Konsumen dan Surplus Produsen Ikan Segar di Kota Bandung (Studi Kasus pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Oeba). Jurnal Agromina, 1(1), 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i4.27035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin Andrian Rivaldi, Noviana Salsabila, Rebecca Angelina Silaen, Joko Sutopo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.