Pengembangan E-LKPD berbasis Articulate Storyline bercirikan RME untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Materi Aritmatika Sosial

Wilis Riyatno, Diesty Hayuhantika

Abstract


Kemampuan berpikir kritis penting bagi peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis adalah membuat inovasi dalam bahan ajar yaitu E-LKPD. Pendekatan RME dan kaitannya dengan materi aritmatika sosial mendukung upaya stimulasi kemampuan kritis. Diharapkan E-LKPD yang dikembangkan ini dapat menjadi alternatif bahan ajar dalam pembelajaran khususnya pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan E-LKPD berbasis articulate storyline dengan pendekatan RME untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial yang valid. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Four-D (4D) Holistic. Model pengembangan 4-D Holistic terdiri dari 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Persentase kelayakan berdasarkan ahli media adalah 91,96% dengan kategori sangat layak. Persentase kalayakan berdasarkan ahli materi adalah 87,5% dengan kategori sangat layak. Persentase kelayakan dari angket praktisi adalah 84,17% dengan kategori sangat layak. Persentase kelayakan dari angket peserta didik adalah 80,2% dengan kategori layak. Berdasarkan uji kelayakan dari ahli media, ahli materi, praktisi serta peserta didik, produk hasil pengembangan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk menstimulasi kemampuan berpikir 


Keywords


E-LKPD; Berpikir Kritis; Articulate Storyline; RME; Pengembangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i4.26818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wilis Riyatno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.