PENGEMBANGAN BUKU INSTRUKSIONAL PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

Aan Hendroanto

Abstract


Penelitian merupakan bagian dari tujuan akhir pendidikan atau learning outcome dari suatu universitas termasuk Program Studi Pendidikan Matematika. Dalam melakukan proses penelitian, seorang peneliti akan sangat sering sekali melakukan kajian atau publikasi melalui jurnal-jurnal penelitian. Oleh karena itu penting bagi mahasiswa untuk menguasai kemampuan untuk mengenal, memahami, mengkritisi, dan menafsirkan artikel jurnal agar penelitian yang dilakukan semakin baik. Oleh karena itu, peneliti memandang perlunya pengembangan buku teks untuk mata kuliah Review Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Review Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Pengembangan buku ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Dissemination. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UAD yang mengikuti perkuliahan Journal Article Review. Instrumen yang digunakan yaitu angket ahli materi, angket ahli media dan respon siswa. Adapun hasil dari penliaian tersebut menunjukkan bahwa buku termasuk dalam kategori sangat baik dari aspek materi dengan skor 4,83 dan aspek media dengan skor 4,86. Sedangkan menurut respon mahasiswa, buku ini termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,29.

Keywords


Pengembangan; Buku; Artikel Ilmiah; Pendidikan Matematika

Full Text:

PDF

References


Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung

Hardiningtyas, T. (2016). KOMUNITAS PUSTAKAWAN MENULIS (Upaya Menyebarluaskan dan Melestarikan Pengetahuan). Jurnal Pustaka Ilmiah, 2(1), 163-172.

Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79-86.

Bustang. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berbasis Realistik pada SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Mulyatiningsih, E. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran. Sumber: http://www. Model-Pembelajaran-Addie. html. Diakses Pukul, 10.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.

Jatmiko, W., Santoso, H. B., Purbarani, S. C., Syulistyo, A. R., Purnomo, D. M. J., Firmansyah, D., ... & Laili, N. A. (2015). Panduan penulisan artikel ilmiah. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aan Hendroanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.