PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Zavira Azizah, Syaiful Hadi

Abstract


Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk memecahkan masalah dengan menganalisis pemikiran mereka sendiri untuk membuat keputusan dan menarik kesimpulan siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kecemasan matematika dan motivasi belajar. Kecemasan yang dialami siswa pada saat proses pembelajaran matematika secara terus menerus akan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa, demikian pula jika motivasi belajar siswa secara lebih baik akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa,3) Mengetahui pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara bersamaan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun sampel penelitian sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 27,4 %; 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 26,5%; 3) ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama sebesar 36,4%.

Keywords


Kecemasan Matematis; Motivasi Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal : Florea, 6(1), 45-53.

Agustina, S., Santoso, E., & Jatisunda M. G. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Auditory Intellectually Repetition. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2019, 1, 635-640.

Al-Fifari, M. R., & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47-60.

Ambarwati, S., Suhartono, & Nurhasanah. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974-1984.

Arpin, H., Mirza, A., & Astuti, D. (2015). Pengaruh tingkat kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-10.

Azizah, N. N., & Maharani, A. (2023). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Mattematika Siswa. Admathedust: Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 10(2), 41-49.

Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164-169.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1B), 459-467.

Fajriaturrohmah, R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. (Thesis, Universitas Negeri Semarang).

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307-318.

Juminah. (2016). Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 45–56.

Kamila, N. 2020. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gender. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang).

Mayasari, N. D. 2021. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif Sidomulyo Pacitan. (Skripsi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).

Nadela, N. A., & Asyhar, B. (2022). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), 3(2), 64-69.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.

Pratiwi, J. A., Mirza, A., & Nursangaji, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Aspek Analysis Siswa Di Sekolah Menengah Atas. JPPK (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa), 5(12), 1-12.

Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 39-51.

Steven, D. S. (1991). An Introduction To Critical Thinking. 1-13.

Sumartono & Mardiana, N. (2022). Pengaruh Motivasi dan kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Eliciting Activities (Studi Kasus SMP Dharma Wanita Taman, Sidoarjo). Sibatik Journal (Jurnla Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan), 1(8), 1535-1542.

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332.

Zikriah. (2018). Pengaruh Kecerdasan Numerik Dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Matematika. Jurnal SAP, 3(1), 54 – 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.26690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zavira Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.