PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.26690Keywords:
Kecemasan Matematis, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk memecahkan masalah dengan menganalisis pemikiran mereka sendiri untuk membuat keputusan dan menarik kesimpulan siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kecemasan matematika dan motivasi belajar. Kecemasan yang dialami siswa pada saat proses pembelajaran matematika secara terus menerus akan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa, demikian pula jika motivasi belajar siswa secara lebih baik akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa,3) Mengetahui pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara bersamaan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun sampel penelitian sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 27,4 %; 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 26,5%; 3) ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama sebesar 36,4%.References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal : Florea, 6(1), 45-53.
Agustina, S., Santoso, E., & Jatisunda M. G. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Auditory Intellectually Repetition. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2019, 1, 635-640.
Al-Fifari, M. R., & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47-60.
Ambarwati, S., Suhartono, & Nurhasanah. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974-1984.
Arpin, H., Mirza, A., & Astuti, D. (2015). Pengaruh tingkat kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-10.
Azizah, N. N., & Maharani, A. (2023). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Mattematika Siswa. Admathedust: Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 10(2), 41-49.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164-169.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1B), 459-467.
Fajriaturrohmah, R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. (Thesis, Universitas Negeri Semarang).
Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307-318.
Juminah. (2016). Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 45–56.
Kamila, N. 2020. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gender. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang).
Mayasari, N. D. 2021. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif Sidomulyo Pacitan. (Skripsi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Nadela, N. A., & Asyhar, B. (2022). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), 3(2), 64-69.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Pratiwi, J. A., Mirza, A., & Nursangaji, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Aspek Analysis Siswa Di Sekolah Menengah Atas. JPPK (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa), 5(12), 1-12.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 39-51.
Steven, D. S. (1991). An Introduction To Critical Thinking. 1-13.
Sumartono & Mardiana, N. (2022). Pengaruh Motivasi dan kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Eliciting Activities (Studi Kasus SMP Dharma Wanita Taman, Sidoarjo). Sibatik Journal (Jurnla Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan), 1(8), 1535-1542.
Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332.
Zikriah. (2018). Pengaruh Kecerdasan Numerik Dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Matematika. Jurnal SAP, 3(1), 54 – 61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License