ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA

Fransiska Januarti Gusman, Ikrar Pramudya, Riyadi Riyadi

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan belajar tentang konsep dan struktur matematika yang  terdapat dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan struktur matematika di dalamnya. Pada kenyataannya pembelajaran matematika tidak berjalan dengan mudah, banyak siswa sangat kesulitan dalam memahami dan berinteraksi dengan matematika. Materi-materi yang dipelajari membuat siswa cukup kesulitan dikarenakan matematika begitu abstrak, banyak rumus, dan banyak perhitungan yang mengakibatkan  siswa merasa bosan, takut dan sering melakukan kesalahan dalam proses pengerjaan soal matematika. Salah satu materi yang tidak jarang terdapat kesalahan dalam proses pengerjaannya adalah materi geometri. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume prisma. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dan subjek penelitian 20 siswa SMPN Fatumfaun. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian 3 soal serta wawancara. Dari 20 siswa dipilih 3 siswa  yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah melalui soal tes setelah itu dilakukan wawancara. Soal tes digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang banyak dialami siswa adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknis. Penyebab kesalahan-kesalahan yaitu: 1) Kurangnya pemahaman rumus yang digunakan, tidak mengetahui rumus secara benar serta tidak menuliskan rumus secara detail. 2) Kurangnya memahami informasi di soal, proses penyelesaian yang tidak sampai tuntas. 3) Pengoperasian perkalian, penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang masih keliru, serta tidak teliti dalam menguraikan proses penyelesaian sehingga tidak mendetail.

Keywords


Analisis kesalahan, penyebab kesalahan, luas permukaan dan volume prisma

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Firmawati, I. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang dalam Menyelesaikan Soal Mencari Luas Permukaan Prisma. Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamdani, Yan, & Bistari. (2012). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Serta Volume Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal Untan, 2(9), 45–66.

Kiat, S. E. (2005). Analysis of Students’ Difficulties in Solving Integration Problems. The Mathematics Educator, 9(9), 39 – 59. http://math.nie.edu.sg/ame/matheduc/journal/v9_1/v91_39.aspx.

Krismantono & Purnami. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660.

Machmuni, F. (2006). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan di Kelas VII SMPN 1 Sungai Raya. FKIP UNTAN.

Miles, M. B. & A. H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrudin, R. T. (2017). Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus Dan Balok Di Mts Negeri Sukoharjo.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836.

Roza, M. & Maimunah, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 11–18.

Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi.5(2), 1–6.

Soebianto & Purwanto. (2012). Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya. Jurnal Penelitian Sekolah Dasar. 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/1062/778.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Waluya, S. B. (2006). Multimedia Pembelajaran. Handout perkuliahan Program Magister Program Studi Matematika. Unnes.

Warkintin, W. & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fransiska Januarti Gusman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.