PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nida Nur'azizzah, Anggita Maharani

Abstract


Banyak sekali anak-anak yang berada pada ekonomi bawah tidak mengenyam Pendidikan dengan baik. Padahal salah satu hak anak yang terlahir di dunia ini ialah mendapat pendidikan. Pendidikan pertama yang mereka dapatkan ialah pendidikan di dalam lingkungan keluarga. Namun karena faktor keterbatasan bahan bacaan, fasilitas belajar, dan kurangnya pendidikan dari orang tua siswa membuat proses pembelajaran seorang anak didalam keluarga kurang terpenuhi. Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan karena akan berpengaruh baik juga terhadap hasil belajar siswa. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Status sosial ekonomi dari suatu keluarga memiliki peranan penting terhadap proses belajar dan perkembangan seorang anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang disimpulkan dan ditampilkan dalam bentuk angka dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengambilan penelitian ini adalah metode angket dan hasil tes tulis dengan uji regresi linear. Hasil penelitian pada siswa sebanyak 20 orang menunjukan bahwa adanya pengaruh kondisi social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,9%. Kondisi social ekonomi orang tua dalam hal ini terdapat tiga aspek yaitu penghasilan orang tua, pendidikan orang tua dan fasilitas belajar. Keadaan sosial ekonomi orang tua sangat erat kaitannya dengan kelangsungan proses pembelajaran seorang siswa. Secara tidak langsung hal tersebut mempunyai peranan penting dalam peningkatan hasil belajar siswa.  


Keywords


latar belakang keluarga,social ekonomi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Afriyani, A. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dengan latar belakang sosial ekonomi berbeda terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MSI 01 Kauman Pekalongan (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Ardhiyah, M. A. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5-8.

Arista, M., Sadjiarto, A., & Santoso, T. N. B. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Teman Sebaya terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(4), 7334-7344.

Astuti, S. (2014). Hubungan antara Latar Belakang Sosial Ekonomi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 159/1 Rambahan.

Bramantha, H., & Yulianto, D. E. (2020). Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa sekolah dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 38-47.

Charlinah, N. P. (2018). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Dan Lingkungan Sosial Siswa Terhadap Self Efficacy Serta Dampak Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMA. (Doctoral dissertation, Perpustakaan Pascasarjana).

Damis, D., & Muhajis, M. (2019). Analisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada sekolah dasar negeri 3 allakuang kecamatan maritengngae kabupaten sidenreng rappang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 216-228.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 93–196.

Fadlan, A. (2022). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga Dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Linggabayu. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(1), 81-88.

Islamiah, M. (2022). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Cendrawasih I Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Maulidia, R., Hasanah, T., & Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Faktor Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS Mathla’ul Anwar. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 122-129.

Muhsin, M., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 302-317.

Mutia, F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 4(2), 273-278.

Nurrahman, B. A. (2019). Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips kelas xi smk muhammadiyah 5 kalitidu (Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO).

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.

Priani, D. H. S., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379-390.

Rahayu, W. P. (2012). Analisis intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak, status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 65-71.

Samrin, S., Syahrul, S., & Maknun, D. R. L. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26(2), 250-271.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30.

Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 39-51.

Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(02), 177-193.

Sudarwanto, B. (2018). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 116-121.

Susilawati, Y. (2021). Pengaruh Efektivitas Bimbingan Orang Tua dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 158-168.

Utomo, S. D., & Adi, B. W. (2018). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nida Nur'azizzah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.