ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal open ended dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal open ended. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 siswa SMP Muhammadiyah 17 Surabaya dan terdiri dari 1 siswa good ability, 1 siswa middle ability, dan 1 siswa poor ability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tahapan pemecahan masalah sudah terpenuhi dengan baik, hanya 1 siswa yang kurang memenuhi tahapan pada salah satu soal. Setiap subjek juga sudah menyelesaikan soal dengan baik dan siswa yang memiliki kemampuan poor ability menurut sekolah belum tentu mendapat hasil terendah, hal ini terbukti dengan penelitian ini yang menunjukkan bahwa siswa poor ability justru dapat memahami kedua soal dengan baik hanya saja kurang teliti dan kurang fokus dalam memahami soal. Hal ini menunjukkan bahwa soal open ended mempunyai peranan yang penting dalam pembelajaraan matematika, dengan soal open ended siswa dituntut agar berpikir kreatif untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hery Dwi Luthfi, Erik Valentino, Evi Widayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.