KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE

Ulfa Cantika Putri, Harina Fitriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari level berpikir Van Hiele pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Ketapang. Kasus yang ingin diteliti adalah kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada materi geometri. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan memberikan soal tes Van Hiele kepada 35 orang siswa, dilanjutkan memberikan tes essay kepada 3 siswa pada level van hiele 0, level 1 dan level 3 untuk melihat kemampuan penalaran adaptif. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari 35 siswa yang diberikan tes, level berpikir geometri siswa masih didominasi pada level 0. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van hiele level 0 dan level 3 memiliki kemampuan penalaran adaptif pada tahapan analisis (indikator 2), pemecahan masalah (indikator 3) dan menarik kesimpulan (indikator 4), namun kurang mampu dalam penyusunan dugaan (indikator 1). Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van hiele level 1 tidak mampu melakukan penyusunan dugaan, analisis, pemecahan masalah dan penarikan kesimpulan

Keywords


Berpikir Geometri, Van Hiele, Penalaran Adaptif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ulfa Cantika Putri, Harina Fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.