ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV

Nia Monika Sari, Eline Yanty Putri Nasution

Abstract


Kemampuan berpikir logis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang wajib dimiliki oleh siswa sebab berperan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematis yang lebih konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian di sini didapat dengan Teknik purposive Sampling yaitu siswa kelas IX C dengan responden nya adalah 10 orang siswa yang diberikan tes kemampuan berpikir logis matematis  dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan berpikir logis matematis untuk mendapatkan data. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kemampuan Berpikir Logis matematis siswa IX C Mts Tanah Kampung 60% siswa dikategorikan sangat baik berdasarkan analisis soal yang dikerjakan siswa dan siswa mampu memperkirakan jawaban dan proses dengan runtut, mengajukan argumen dan melakukan penarikan kesimpulan terhadap penyelesaian soal SPLDV. Selanjutnya, kategori Sedang dicapai oleh 20% siswa, mampu meruntutkan penyelesaian soal dan mengajukan argumen tapi belum bisa menarik kesimpulan secara logis pada materi SPLDV. Kemudian terdapat 20% siswa mencapai kategori Kurang karena belum mampu meruntutkan dan mengajukan argumen. Siswa hanya memberikan argumen pada beberapa langkah penyelesaian masalah, dan tidak dapat memberikan argumen pada hasil akhir yang diberikan. Pada Penarikan kesimpulan, siswa tidak memberikan kesimpulan pada beberapa langkah penyelesaian sehingga tidak didapatkan jawaban akhir atau kesimpulan akhir ataupun memberikan kesimpulan yang salah.


Keywords


Berpikir Logis, Matematika, Siswa

Full Text:

PDF

References


Andriawan, B & Budiarto, M.T. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3 (2), 42-48.

Anjani, R. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya Kognitif (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Fitriyah, D. M., Indrawatiningsih, N., & Khoiri, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 7(1), 1-14.

Maemunah, S., Khasanah, K., & Rahmawati, L. (2022, January). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 198-209).

Ningsih, T. R., & Bharata, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Peserta Didik SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Geometri Ruang Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 457-468.

Puspitasari, I. W., Fauzan, G. A., & Bernard, M. (2019). Penerapan PBL Dengan RME Berbatuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematik Siswa SMP. Journal On Education, 1 (4), 679-687.

Purwanto, A. (2012). Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. EXACTA, 10(2), 133-135.

Rahmawati, K. N., & Kurniasari, I. (2016). Profil Berpikir Logis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Test Of Piaget’s Logical Operations (TLO) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3 (5), 200-209.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58- 67.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. CV

Septiati, Ety. (2016) Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 1 Nomor 1 (Diakses 22 Maret 2023)

Setiadi, D. (2017). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi Problem Solving di Kelas IX SMPN 2 Mataraman. Skripsi (Online). Banjarmasin: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keagamaan Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Sumarmo, Utari, dkk. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Krisis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pelajaran MIPA Volume 17 No. 1 April 2012

Wiji, Liliasari, Wahyu Sopandi, dan Muhammad A. K. Martoprawiro. (2014). Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nia Monika Sari, Eline Yanty Putri Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.