PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Faizatul Fatmala, Tri Novita Irawati, Fury Setyo Siskawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik MTs Darul Mukhlashin menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Animasi Powtoon. Jenis peneltiian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan responden yang diteliti kelas VII sebanyak 19 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada siklus pertama hasil belajar peserta didik dinyatakan berhasil dengan nilai persentase 79% dari seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Mukhlashin, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar peserta didik dikatakan berhasil karna perolehan nilai persentasenya 100% dari peserta didik seluruhnya. Jadi penelitian ini dikatakan berhasil karena Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)  Berbantuan Animasi Powtoon dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik MTs. Darul Mukhlashin


Keywords


RME, Hasil Belajar Peserta didik, Animasi Powtoon, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. Suhardjono, & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitria, R. N., Darmadi, D., Pertiwi, W., Wardani, M. P., Wulandari, Y., & Aysah, E. I. N. (2020). Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan e-learning dan platform daring. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 306-314.

Jauziah, J. (2022). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Di SDN 25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Rayakabupaten Agam. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 7(1), 52-60.

Mukhtar, N. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 173 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2), 282-296.

Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sastia, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30-35.

Setyawan, D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155-163.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizatul Fatmala, Tri Novita Irawati, Fury Setyo Siskawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.