ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH NGEMPLAK TAHUN 2018/2019

Rima Fenti Mufidatun, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Kesulitan belajar ditandai dengan munculnya hambatan-hambatan ketika belajar. Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Ngemplak mengalami kesulitan belajar matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan belajar faktual, konseptual, dan prosedural matematika serta mengetahui penyebab kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 9 siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah Ngemplak tahun 2018/2019. Objek penelitian adalah penyebab kesulitan belajar matematika siswa yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket, lembar tes, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan alat perekam. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang memiliki kesulitan belajar faktual matematika 62,96%, siswa yang memiliki kesulitan belajar konseptual matematika 53,09%, dan siswa yang memiliki kesulitan belajar prosedural matematika 25,00%. Penyebab kesulitan belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual adalah siswa kurang mampu mengingat materi yang diberikan secara lisan. Penyebab kesulitan belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial adalah siswa kurang dapat mengingat dengan baik materi yang dibaca. Penyebab kesulitan belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik adalah siswa sulit mempelajari hal-hal abstrak.


Keywords


Kesulitan Belajar, Penelitian Kualitatif, dan Gaya Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ghufron, Nur dan Rini Risnawati. 2014. Gaya Bahasa Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, dan Puji Sumarsono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i4.25360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rima Fenti Mufidatun, Sunaryo Sunaryo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.