PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS VIII SMP/MTS

Yoka Feby Fitrianingrum, Widayati Widayati

Abstract


Sumber belajar yang ada belum membuat peserta didik belajar mandiri. Modul sistem persamaan linier dua variabel berbasis Problem Based Learning dibutuhkan dalam proses pembelajaran.. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs dan untuk menghasilkan Modul Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs yang memenuhi kriteria layak.

Penelitian ini dengan model penelitian ADDIE dengan tahapan yang meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMPN 2 Kalasan dan SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data diambil dari ahli materi, ahli media, dan siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil berupa Modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan penilaian yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, dan respon siswa kelas VIII SMPN 2 Kalasan dan SMP Muhammadiyah 2 kalasan. Adapun hasil penilaian modul oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 89,3333 dengan kriteria penilaian sangat layak, ahli media diperoleh skor rata-rata 115,67 dengan kriteria penilaian sangat layak, dan total penilaian oleh siswa diperoleh skor rata-rata 95,015 dengan kriteria penialain layak. Berdasarkan pada angket respon siswa, siswa berpendapat bahwa modul Sistem Persamaan Linier Dua Variabel bagus dan menarik untuk dipelajari.

 


Keywords


Modul Matematika, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Menyusun Modul : Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media.

Eko Putro Widoyoko,S. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang : Akadedia Permata.

Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan. Yogyakarta:UNY Press.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Runtukahu, J. Tombokan dan Selpius Kandou. 2016. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.25350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yoka Feby Fitrianingrum, Widayati Widayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.