EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP MUHAMMADIYAH PAKEM

Yulianis Dwi Nuraini, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara model pembelajaran penemuan terbimbing dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan serta mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran penemuan terbimbing dibandingkan pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas yaitu: VIIA,VIIB, VIIC, VIID. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling terhadap kelas, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sehingga sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang diberikan perlakuan dengan problem based learning dan VIID diberikan perlakuan dengan penemuan terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes dengan jenis tes yang digunakan yaitu pilihan ganda. Pengujian instrument dengan menggunakan uji validitas, daya pembeda dan reliabilitas. Teknik analisis data melalui uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis satu pihak dan uji hipotesis dua pihak.

Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 73 diperoleh kesimpulan bahwa nilai tes hasil uji-t dua pihak diperoleh thitung = -0,1848 dan ttabel = 1,6660 yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak sehingga tidak ada perbedaan signifikan pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dan problem based learning pada siswa SMP Muhammadiyah Pakem Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2018/2019, serta model pembelajaran penemuan terbimbing dan problem based learning memiliki tingkat efektif yang sama terhadap kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.

 


Keywords


Efektifitas, Penemuan terbimbing, PBL, Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara

Markaban. 2008. Model Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.25345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulianis Dwi Nuraini, Sunaryo Sunaryo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.