PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 MINGGIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Vica Windhi Seputri Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdul Taram Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.25344

Keywords:

Aktivitas Belajar, NHT (Number Head Together

Abstract

Pembelajaran yang didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar pedoman wawancara. Uji instrumen dari penelitian ini adalah uji validitas isi. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu presentase keberhasilan penelitian aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 50,43% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 66,84% (baik).

 

References

A.M, Sardiman. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Empaykomalawati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. SD Negeri Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Tersedia: http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/download/461/405

Habiby, Wahdan Najib. 2017. Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hamzah. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmi, Fuadi. 2016. Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika Vol. 3, No. 1, April 2016. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala.

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Riduwan dan Sunarto. 2017. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Safitri, Ana. 2019. “Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Kelas VII SMP Negeri Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang”. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: JICA.

Suwardi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Biology Education Conference. Volume 15, Nomor 1 Halaman 53 – 56. SDN 1 Landasan Ulin Utara. Tersedia: https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/27676/19094

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles