PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 MINGGIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.25344Keywords:
Aktivitas Belajar, NHT (Number Head TogetherAbstract
Pembelajaran yang didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar pedoman wawancara. Uji instrumen dari penelitian ini adalah uji validitas isi. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Minggir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu presentase keberhasilan penelitian aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 50,43% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 66,84% (baik).
References
A.M, Sardiman. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Empaykomalawati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. SD Negeri Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Tersedia: http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/download/461/405
Habiby, Wahdan Najib. 2017. Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hamzah. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmi, Fuadi. 2016. Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika Vol. 3, No. 1, April 2016. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala.
Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
Riduwan dan Sunarto. 2017. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Safitri, Ana. 2019. “Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Kelas VII SMP Negeri Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang”. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang.
Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: JICA.
Suwardi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Biology Education Conference. Volume 15, Nomor 1 Halaman 53 – 56. SDN 1 Landasan Ulin Utara. Tersedia: https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/27676/19094
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License