PENGARUH STRATEGI PEER INSTRUCTION DAN SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran peer instruction dan scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika serta untuk mengetahui adanya interaksi antara strategi peer instruction dan scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bilah Hulu tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasy experimental) dengan rancangan post-test only control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen satu dan satu kelas sebagai kelas eksperimen dua. Berdasarkan hasil penelitian yang diuji dengan ANOVA pemahaman konsep dari kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua disimpukan bahwa: 1) memperoleh signifikan sebesar 0,233, signifikan > 0,05 yang artinya diterima atau tidak terdapat pengaruh dari salah satu strategi yang digunakan. Hasil uji tidak berpengaruh dikarenakan kedua strategi mengahasilkan nilai pemahaman konsep yang baik untuk masing-masing kelas eksperimen. 2) memperoleh signifikan sebesar 0,610 > 0,05 artinya diterima atau tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran peer instruction dan scaffolding dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik..
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fariyani & others. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada
Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2): 143.
Gaguk, R. & Aldila W.N. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Dasar Gaya Dan Gerak Untuk
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 5.(2): 80-82
Halim, A., Suriana. & Mursal. (2017). Dampak Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep
Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan
Pendidikan Fisika, 3(1): 2.
Hamzah, B.U. & Satria, K. (2013). Assesment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Haniin,
K., Markus D. & Supriyono K.H. (2015). Pengaruh Pembelajaran TPS Dengan Scaffolding Konseptual
Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sintesis Fisika. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3): 99.
P-ISSN 2355-8199 | E-ISSN 2775-5746
AdMathEduSt Vol.9 No.4 Desember 2022
Harum, Y.R., Nanang, S. & Sri, P.N. (2017). Pengaruh Models Eliciting Activities Dalam Pembelajaran
Matematika Dengan Penggunakan Metode Scaffolding Terhadap Self Directed Learning,
Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017 (h. 240) Lampung: UIN Raden
Intan Lampung. Hasan., Saleem., Diola, B. & Ella, L.K. (2014).
Misconceptions and the Certainty of Response Misconceptions and the Certainty of Response Index ( CRI ).
Physics Education, V. 294-299.
Husnul, L. (2016). The Effectiveness of the CTL and PBL Approaches Viewed from Students. Motivation
and Achievement in Mathematics Learning. PYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1):
I, D K., Wartono. & M, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction
Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia, 10(1): 37.
Indrawati. (2017). Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar
Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1): 10
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i4.25268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Suharmita - -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.