Etnomatematika Pada Budaya Cilacap Sebagai Sumber Belajar Matematika

Efik Afifah Slamet, Maria Ulpah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat bahwa dalam budaya Cilacap mengandung unsur etnomatematika sebagai sumber belajar matematika. Dimana etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan budaya, yang bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terkait dengan konsep matematika pada budaya khususnya budaya Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa dalam budaya Cilacap mengandung unsur etnomatematika sebagai sumber belajar matematika seperti pada permainan tradisional engklek yaitu pada papan permainan (persegi), gaco (lingkaran, layang-layang, persegi panjang, segitiga), aturan permainan (logika matematika), hom pim pa sebelum permainan dimulai (peluang). Kerajinan tangan anyaman bambu yaitu pada irig (lingkaran), kipas (persegi), kocok (lingkaran, persegi), kukusan (kerucut). Rumah adat bernama bandung tikelan yaitu pada atap rumah (limas), langit-langit/plafon rumah (persegi panjang), ragam bentuk atap (trapesium), ventilasi (segitiga, lingkaran), dinding rumah terbuat dari susunan kayu (persegi panjang). Rebana, yaitu pada tam (lingkaran), bass (tabung). dan Karawitan yaitu pada setiap pukulan alat musik yang memiliki ketukan mengandung konsep pola bilangan aritmatika. Tidak hanya unsur etnomatematika pada budaya yang melekat pada berbagai tradisi tersebut juga terdapat unsur aktivitas etnomatematika seperti aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, aktivitas merancang bangun, dan  aktivitas bermain. 

Keywords


Etnomatematika, Budaya Cilacap, Sumber Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Fajriyah, E, (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dan Mendukung Literasi, Prisma:

Prossiding Seminar Nasional Matematika di Universitas Semarang, Semarang: 8 Januari. Hal. 114-

Indriani, Popi. 2016. Skripsi: “Implementasi Etnomatematika berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran

Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar”. (Lampung: IAIN Raden Intan), hlm. 3.

Mundiri, 2017. Logika, Depok: Rajawali Pres, PT RajaGrafindo Persada, Hal 3.

Putra, R.W.Y., dan Popi Indriani, 2017. “Implementasi Etnomateamatika Berbasis Budaya Lokal Dalam

Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar”, Jurnal Matematika dan Pendidikan

Matematika, Vol. 1. No 1. Hal.22.

Putri, L. I. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada

Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. IV, No. 1, hlm. 21-31.

Rudhito, dkk. 2019. Matematika dalam Budaya Kumpulan Etnomatematika, Yogyakarta: Penerbit

Garudhawaca.

Sianturi, Murni. 2019. “Geometri & Pengukuran di Pendidikan Dasar” (Bandung: Alfabeta). Hal 5-74.

Silaban, S, (2017). Dasar-Dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan: Harapan

Cerdas Publisher.

Sugiyono. 2019. “Metodologi Penelitia: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” (Bandung: Alfabeta). Hal 226.

Supanggah, Rahayu. 2002 “Bothekan Karawitan I. (Jakarta: Fond Foundation & Masyarakat Seni

Pertunjukkan Indonesia.

Utami Anggraini, 2018 “Eksplorasi Sumber Belajar Pada Rancang Banguj Rumah Adat Lampung (Lamban

Dalom) Dengan Perspektif Etnomatematika”. RepositoriRadenintan.ac.id.

Wahyuni, N.S. 2021. “Analisis Etnomatematka Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pembelajaran

Matematika Di Kabupaten Sukabumi”, Jurnal: Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Mughammadiya Sukabumi, Vol.4, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i4.25010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Slamet Efik UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.