MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA

Peggi Melati sukma Dewi, Masri Masri, Mardiah Syofiana

Abstract



Eksperimen ini akan membandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran model problem posing dengan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran kovensional. Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui model manakah yang lebih baik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi pada eksperimen ini yaitu siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Sampel eksperimen ini adalah kelas populasi yang dipilih secara acak(sample random sampling). Data eksperimen diperoleh melalui pre-test dan post-test. Analisis data eksperimen ini menggunakan uji hipotesis dan uji lanjutan. Hasil eksperimen ini menunjukan bahwa model problem posing mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa lebih baik dibandingkan model kovensional.


Keywords


problem posing, kemampuan berpikir kreatif matematis

Full Text:

PDF

References


Asmara, Adi. 2014. Model-Model Pembelajaran Konstruktivis. Bengkulu : Tidak Diterbitkan.

Damayana, R., Andinasari, dan Lusiana. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Peluang Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 223-232.

Florida, Richard, Mellander, C., & King. (2015). The global creativity index. Martin Prosperity Institute

Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Kemdikbud. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. dirjen guru dan tenaga kependidikan kemendikbud. Jakarta: Kemdikbud.

Risnanosanti, Syofiah, M., & Hasdelyati.(2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Lesson Study. INDIKTIKA(jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(20, 168-178.

Safaria, S., & Sangila, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari pada materi bangun datar. Jurnal Al-Ta'dib, 11(2), 73-90. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2012. Belajar dan pembelajaran: pengembangan wacana dan




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.24644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Peggi Melati sukma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.