PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI POLA BILANGAN KONTEKS PALEMBANG UNTUK SMP/MTs

Dini Damayanti, Sujinal Arifin, Retni Paradesa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang telah memenuhi criteria valid dan praktis untuk membantu peserta didik memahami materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan sesuai alur desain pengembangan formative evaluation Tesmmer.  Melalui tahapan Tesmmer diperoleh kesimpulan bahwa LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesisa ini telah memenuhi kriteria valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan, validator juga telah menyatakan bahwa LKPD telah valid. Kemudian berdasarkan hasil komentar dan saran yang diberikan oleh peserta didik, LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ini telah memenuhi kriteria praktis.

 


Keywords


Pengembangan, Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Pola Bilangan, Palembang

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2007). Perencanaan pembelajaran. Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya.

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1-10.

Ariyanti, Gregoria. 2008. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistikyang dipadu Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw pada Kelas VII SMP st. Bernandus Madiun. http://ariyanti.feeliesta.com/. diakses tanggal 13 maret 2021.

Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). Bentuk etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam pembelajaran pola bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), 1-16.

Jannati, R. P., Isnaini, M., & Afgani, M. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Pada Materi Limas Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 12(2)

Manurung, Satriani B. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis PMRI pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Student Online Jurnal Volume 1 (hal. 640). Tanjung pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Marpaung, Y. 2007. Pelaksanaan PMRI Di Smp Dengan Mempperhatikan Kecerdasan Peserta didik.makalah. Yogyakarta: universitas sanat dharma.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di SMP. Modul matematika SMP Program Bermutu. Kemendiknas PPPPTK Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.24479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DINI DAMAYANTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.