Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pitagoras

Yogi - Febrian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX A dan IX G dalam menyelesaikan soal cerita pada materi theorema pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas IX A dan IX G, yang masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa. Bentuk instrumen yang digunakan adalah pemberian tes dan angket respon siswa yang sudah diuji validitasnya.Hasil analisis data tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX A menunjukan bahwa terdapat 13,3% siswa mencapai pada kategori sangat tinggi, 40% siswa pada kategori tinggi, 33,3 % siswa pada kategori sedang, 13,3% siswa pada kategori rendah, dan 0% siswa pada kategori sangat rendah. Sedangkan untuk kelas IX G terdapat 0% siswa pada kategori sangat tinggi, 0% siswa pada kategori tinggi, 6,7% siswa pada kategori sedang, 86,7% siswa pada kategori rendah, dan 6,7% siswa pada kategori sangat rendah.Kesimpulan penilitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX A mampu mencapai pada kategori sangat tinggi, sedangkan untuk siswa kelas IX G hanya mampu mencapai pada kategori sedang.

 

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Soal Cerita, Theorema Pythagoras


Full Text:

PDF

References


Dini Kinanti Fardah. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano FMIPA UNNES, 3.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.460.2064

Ika Lestari & Linda Zakiah. (2019). Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran (2 ed.). Erzatama Karya Abadi.

Rusydi Ananda & Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Tatag Yuli Eko Siswono & I Ketut Budayasa. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Matematika. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper06_implementasiteori.pdf

Utami Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Wahyudi, W., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Suyitno, H. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability and Scaffolding Process According with Learning Styles for Pre-Service Teachers. Anatolian Journal of Education, 3(1). https://doi.org/10.29333/aje.2018.314a




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.23561

Refbacks



Copyright (c) 2022 Yogi - Febrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.