PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBANTUAN WEBSITE LIVEWORKSHEET

Sukti Nurwijayanti, Dwi Sulisworo

Abstract


Seseorang dikatakan telah berbicara komunikasi matematis jika berbicara dan melibatkan konten matematika. Dengan demikian permasalahan dalam penelitian ini adalah tuntutan kemampuan pada abad 21 yang salah satunya yaitu menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berkomunikasi. Dalam hal ini jika dikaitkan dengan pembelajaran matematika, peserta didik harus dapat memiliki kemampuan komunikasi matematis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik yaitu dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model PBL (Problem Based Learning). Agar LKPD yang digunakan lebih menarik dan tidak menimbulkan rasa bosan bagi peserta didik, maka perlu digunakan LKPD yang interaktif dengan memanfaatkan media liveworksheet. Dari permasalahan yang telah dipaparkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan e-LKPD berbasis problem based learning (PBL) untuk peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik materi persamaan garis lurus berbantuan website LiveWorksheet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan kuesioner pengguna yang diberikan kepada 10 siswa kelas 8C di SMPN 4 Ngaglik. Hasil dari kuesioner tersebut menunjukkan aspek kemanfaatan dengan persentase 80%, kemudahan penggunaan 83%, kemudahan mempelajari 65%, dan kepuasan 84%. Dari hasil tersebut mendapatkan rerata persentase pengguna adalah 78% dalam arti E-LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dan berguna.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Dandi M, & Dwi Astuti. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem-based learning pada topic sudut, PYTHAGORAS : Jurnal Peniddikan Matematika, 15(2), 190-200.

Alfiana, Lia & Nuriana R D (Nino Adhi). (2021). Kajian Teori : LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Prepospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis, PRISMA, 4(1), 275-281.

Andiyani, Novi et al. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Liveworksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding PPG.

Bakri, Fauzi et al. (2020). Student Worksheet With AR Videos: Physics Learning Media in Laboratory for Senior High School Student, Journal of Technology and Sciences Education (JOTSE), 10(2), 231-240

Ceker, Eser & Fazile Ozdamli. (2016). Features and Characteristics of Problem Based Learning, Cypriot Journal of Educational Sciences, 11(4), 195-202.

Effendi, Kiki Nia Sania, et al. (2019). Developing Mathematics Worksheet Using Futsal Context for School Literacy Movement, Journal on Mathematics Education, 10(2), 203-214.

Farahdina, Nova et al. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok, Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54-64.

Haji, Saleh & M. Ilham Abdullah. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Matematika Realistik, Infinity, 5(1), 42-49.

Hodiyanto (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika, AdMathEdu, 7(1), 9-18. Doi : http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Khadijah, Iasha N A, Rippi Maya, dan Wahyu S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika, JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(6), 1095-1104, Doi : http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1095-1104

Khikmiyah, Fatimatul. (2020). Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika, Pedagogy. 6(1), 1-12.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25-30. Doi: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668

Letwinsky, K.M. (2017). Examining the relationship between secondary mathematics teachers’ self-efficacy, attitudes, and use of technology to support communication and mathematics literacy, International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 3(1), 56-66

Lund, A. M. (2001). Measuring usability with the use questionnaire12. Usability Interface, 8(2), 3-6.

Marsa, Yusminah H, A Mushawwir T. (2016). Influence Of Use Worksheet Students Based On Scientific Approach To Activities and Learning Outcomes Of Biology Science On Seventh Grade Students of SMP Negeri 2 Watampone, Jurnal Sainsmat, 5(1), 42-57.

Maulyda, Mohammad A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang : CV IRDH.

Pansa, Ervina Heni. (2017). Pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017 UIN Raden Intan Lampung.

Pawestri, Elok & Heni Maria Zulfiati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danurejan, Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Purwanto, Burhan E et al. (2020). Learning Models To Improved Mathematical Communication Skills, Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 7-16. Doi: https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5650

Rachman, Fuad Abd, Riska Akhsanunnisa, dan Effendi Nawani. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Mata Pelajaran Kimia di SMA, ALKIMIA, 1(1), 16-25.

Rahmah, Aisyah Nurul, Zulkarnain, & Nahor Murani H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 125-138. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.304

Rahman, Edi S & Dyah Vitalocca. (2018). Analisis Usabilitas Menggunakan ¬Ise Questionnaire Pada Sistem Informasi SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Mekom, 5(1), 16-22.

Samawati, Ilmus S & Rooselyna Ekawati. (2021). Students’ Mathematical Communication Skills In Solving Story Problems Based On Mathematical Abilities, IJIET : International Journal Of Indonesian Education and Teaching. 5(1), 61-70, Doi : https://doi.org/10.24071/ijiet.v5i1.2730

Sari, Dwi Maulida. (2017). Analysis Of Students’ Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning Talking Stick Type, Infinity, 6(2), 183-194. Doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p183-194

Septikasari, Resti & Rendy Nugraha F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar, Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(02), 112-122.

Siregar, Nur Fauziah. (2018). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika, Logaritma, 06(02), 74-84.

Suryaningsuh, Siti & Riska Nurlita. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21, Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1256-1268. Doi: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Syafina, Vilzha & Heni Pujiastuti. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV, MAJU, 7(2), 118-125.

Triana, Mailis, Cut Morina Z, & Bahrun (2019). Students’ Mathematical Communication Ability Through the Brain-Based Learning Approach using Autograph, JRAMathEdu: Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 1-10, Doi: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6972

Uyen, Bui Phuong, Duang Huu Trong, & Nguyen Thi Bich Tram. (2021). Developing Mathematical Communication Skills for Students in Grade 9 in Teaching Congruent Triangle Topic, European Journal of Education Research, 10(3), 1287-1302.

Vasmin, Maria Elistina et al. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi pada Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(2), 14-23.

Warti, Yuli dan Hurriyah. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Gelombang Elektronik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA, Natural Science Journal, 5(1), 766-774.

Widiyani, Afifah dan Puri P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis SOftewere Liveworksheet pada Materi PPKn, DWIJA CENDEKIA : Jurnal RIset Pedagogik, 5(1), 132-141.

Zahroh, Dwi Aulia. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan, Bio-Edu, 10(3), 605-616.

Zetriuslita, Nofiandi, & Endang Istikomah. (2021). Improving Students’ Mathematics Communication Ability Through Geogebra, Pedagogia : Jurnal Pendidikan. 10(2), 113-126, Doi: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10i2.1266




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.23255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukti Nurwijayanti, Dwi Sulisworo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.