EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 SLEMAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Hidayatul Wafiroh, Edi Prajitno

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena partisipasi siswa yang rendah selama proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dan penggunaan model pembelajaran yang sama secara terus menerus. Hal ini diperkuat dengan hasil belajar matematika yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sleman semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Populasi penelitian suluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sleman . Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Hasil belajar matematika diperoleh menggunakan metode tes. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan Chi-Kuadrat  dan uji homogenitas dengan uji-F, sedangkan uji hipotesis dengan uji-t. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% dan dk = 56 diperoleh kesimpulan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model inkuiri terbimbing dengan siswa yang pembelajaran yang menggunakan model langsung.  Hal ini ditunjukan dengan nilai. (2) pembelajaran matematika menggunakan model inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan menggunakan model langsung terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan .

 


Full Text:

PDF

References


Fitriningsih, Aprilia. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal-FKIP-UNILA.

Kusumaningtyas, Wahyu. 2016. Efektivitas Metode Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal e-Dumath Volume 2 No. 1 : IAIM NU Metro Lampung

Rahma, Siti. (2015) . Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri (Guided Inquiry) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX MTsN Kelayan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan Antasari.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suparman. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : MIPA UAD Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hidayatul Wafiroh, Edi Prajitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.