EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 SLEMAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23038Abstract
Penelitian ini dilakukan karena partisipasi siswa yang rendah selama proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dan penggunaan model pembelajaran yang sama secara terus menerus. Hal ini diperkuat dengan hasil belajar matematika yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sleman semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Populasi penelitian suluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sleman . Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Hasil belajar matematika diperoleh menggunakan metode tes. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan Chi-Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji-F, sedangkan uji hipotesis dengan uji-t.Â
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% dan dk = 56 diperoleh kesimpulan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model inkuiri terbimbing dengan siswa yang pembelajaran yang menggunakan model langsung. Hal ini ditunjukan dengan nilai. (2) pembelajaran matematika menggunakan model inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan menggunakan model langsung terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan .
Â
References
Fitriningsih, Aprilia. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal-FKIP-UNILA.
Kusumaningtyas, Wahyu. 2016. Efektivitas Metode Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal e-Dumath Volume 2 No. 1 : IAIM NU Metro Lampung
Rahma, Siti. (2015) . Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri (Guided Inquiry) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX MTsN Kelayan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan Antasari.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suparman. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : MIPA UAD Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License