HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Prista Devi Widyaningtyas, Sumargiyani Sumargiyani

Abstract


Hasil belajar matematika siswa berhubungan dengan banyak faktor. Kepercayaan diri, dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah Bantul tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 162 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas VIII E yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik angket dan tes. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji daya beda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis datamenggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antarakepercayaan diri (X1), dan perhatianorang tua(X2)dengan hasil belajar matematika siswa dengan  yaitu  10,5741 ˃ 3,3158 yaitu dengan R= 0,6430 dan R2 = 0,4135 denganserta SR(X1) = 63,4179 %, SR(X2)= 36,582099 %, SE(X1) = 26,2213 %, SE(X2) = 15,1256%


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta.

Aryani, Triyan dkk. 2009. Kecenderungan Menyontek dalam kaitannya dengan Kepercayaan diri dan Motovasi Diri pada Pelajar SMK PGRI 1. Yogyakarta.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Fitriana, wulansari. 2013. Hubungan Antara Kepercayaan diri siswa, Karakteristik cara mengajar guru dan Teman sebaya di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta : Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1 No. 3. ISSN : 2355-8199.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wendari, Weni dan Uswatun Khasanah. 2014. Hubungan antara Perhatian Orang

Tua, Kecerdasan Intelektual (IQ), dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta : Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1 No. 3. ISSN : 2355-8199.

Wempianada, Eva. 2017. Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XSemester Genap SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prista Devi Widyaningtyas, Sumargiyani Sumargiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.