HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Jaimah Jaimah, Nur Arina Hidayati

Abstract


Hasil belajar siswa yang rendah berhubungan dengan banyak faktor. Motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar adalah tiga faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa XI MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 terdiri dari 3 kelas. Kelas sampel yaitu kelas XI B dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, angket kemandirian belajar, angket fasilitas belajar, dan tes hasil belajar. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika. Pada taraf signifikan 5%  dan ,  dengan koefisien korelasi ganda R = 0,879 dan koefesien determinan ganda 9 dengan persamaan regresi ganda tiga variabel yaitu . Besar  , , , dengan koefisien determinan gandanya 0,739 dan %,  .


Full Text:

PDF

References


Khasanah, U. 2016. Analisis Regresi. Yogyakarta: UAD Yogyakarta.

Sugiyoni. 2015. Statistic untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indarwati, Retno. 2015. AdMathEduSt Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika, dan Matematika Terapan. Hubungan Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, dan Perhatian Orang tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 1 Berbah Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Vol.2, No.1, page 167-174.

Rakhmawati, Fury. 2015. AdMathEduSt Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika, dan Matematika Terapan. Hubungan Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping Kabupaten Sleman Semeter Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Vol.2, No.1, page 93-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jaimah Jaimah, Nur Arina Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.