UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Pembelajaran yang tidak melibatkan aktivitas siswa akan mempengaruhi kreativitas belajar siswa, terutama pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 21 siswa laki – laki dan 11 siswa putri. Objek penelitian dengan menggunakan pemecahan masalah (problem solving) untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kreativitas, wawancara,observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menerapkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Pada Siklus I rata – rata presentase kreativitas belajar kreativitas siswa sebesar 62,67 % dalam kriteria cukup, Siklus II rata – rata kreativitas belajar siswa meningkat sebesar 73,43 % dalam kriteria baik dan siklus III rata – rata presentase kreativitas belajar kreativitas siswa sebesar 80,31 % pada kriteria cukup baik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2007. Evaluasi Program Pendidikan Pedoma Teoritis Praktik Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
____________, 2010. Peneliti Tindakan .Yogyakarta : Aditiya Media.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : PT Kencana Prenada Media Grup.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23031
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Esa Dini Laraswati, Uus Kusdinar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.