HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI MUHAMMADIYAH 17 PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi banyak faktor. Kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan sigifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP 17 Muhammadiyah Prambanan Klaten Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 94 siswa. Sebagai sampelnya kelas VIII B yang terdiri dari 31 siswa dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket untuk kedisiplinan belajar dan perhatian orag tua. Sedangkan metode tes untuk hasil belajar matematika siswa. Uji instrmen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji independen, dan uji linieritas. Analisis data pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang posisitif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika dengan Fhitung = 4,1566 dan Ftabel = 3,34 sehingga Fhitung> Ftabel, koefisien korelasi ganda sebesar (R) sebesar 0,4785 dan koefisien determinasi ganda (R2) sebesar 0,2289. Sedangkan persamaan regresi ganda . Besar sumbangan relatif sebesar 58,8916% dan  sebesar 41,1084% serta sumbangan efektif sebesar 13,48205% dan  sebesar 9,4109%.Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2002. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekertariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2012. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i2.23030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Yusuf, Sumargiyani Sumargiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.