HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL, FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN SEMESTER GENAPTAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i2.23029Abstract
Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar di Sekolah, dan Kemandirian Belajar merupakan beberapa faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal, fasilitas belajar di sekolah, dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Kabupaten Sleman semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 3 kelas, dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 94 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan teknik random sampling terhadap kelas dan didapat kelas VIII B sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Uji instrumen penelitian meliputi: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independensi, uji linearitas. Analisis data menggunakan analisisis regresi linear sederhana dan analisis regresi dan korelasi ganda.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan kemampuan awal, fasilitas belajar di sekolah, dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Kabupaten Sleman Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung  Ftabel atau 12,87375616  2.94668 dengan R = 0,7613 dan R2 = 0,5797 dan persamaan regresi , dengan SR = , SR =  dan SR = 37,84 , SE = , SE =  dan SE = .
References
Arikunto, Suharsimi. (1981). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: IKIP.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.
Khasanah, Uswatun. (2014). Statistika NonParametrik. Yogyakarta: JPMIPA FKIP UAD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License