HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL, FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN SEMESTER GENAPTAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Dwi Putri Wijayanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Suparyan Suparyan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i2.23029

Abstract

Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar di Sekolah, dan Kemandirian Belajar merupakan beberapa faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal, fasilitas belajar di sekolah, dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Kabupaten Sleman semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018,  yang terdiri dari  3 kelas, dengan  jumlah keseluruhan siswa sebanyak 94 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan teknik random sampling terhadap kelas dan didapat kelas VIII B sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Uji instrumen penelitian meliputi: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independensi, uji linearitas. Analisis data menggunakan analisisis regresi linear sederhana dan analisis regresi dan korelasi ganda.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan kemampuan awal, fasilitas belajar di sekolah, dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Kabupaten Sleman Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung  Ftabel atau 12,87375616  2.94668 dengan R = 0,7613 dan R2 = 0,5797 dan persamaan regresi , dengan SR = , SR =  dan SR = 37,84 , SE = , SE =  dan  SE = .

References

Arikunto, Suharsimi. (1981). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: IKIP.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

Khasanah, Uswatun. (2014). Statistika NonParametrik. Yogyakarta: JPMIPA FKIP UAD.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles