ANALISIS CARA BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERPRESTASI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Venie Gupitasari, Edi Prajitno

Abstract


Keberhasilan siswa dalam pendidikan di sekolah merupakan hasil yang diperoleh dari proses kegiatan belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar yaitu cara belajar yang dilakukan siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar matematika siswa berprestasi kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Yogyakarta.Subjek penelitian terdiri dari 11 siswa yang memiliki nilai matematika tertinggi di setiap kelas XI MIPA dan objek penelitiannya tentang cara belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi dengan instrumen penelitiannya berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar matematika subjek yang diteliti adalah tidak membuat jadwal belajar matematika secara khusus maupun tertulis. Jadwal disesuaikan dengan keadaan masing-masing subjek. Hal ini berlaku untuk siswa yang berprestasi. Pembagian waktu belajar rata-rata pada malam hari antara pukul 19.00-21.00 atau 20.00-22.00. Melaksanakan jadwal belajar juga disesuaikan dengan kebutuhan subjek, rata-rata lama belajar kurang lebih 1-2 jam. Saat membaca buku matematika subjek langsung membaca rumus dan contoh soal. Catatan dibuat dengan menuliskan hal-hal yang penting seperti rumus dan contoh soalnya. Mengulangi pelajaran matematika dengan banyak mengerjakan latihan soal dan membuat ringkasan. Melakukan konsentrasi dengan meningkatkan motivasi dan minat terhadap matematika, memiliki tempat yang nyaman, melakukan hal-hal yang dapat mencegah kebosanan, dan menyingkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Mengerjakan tugas biasanya dikerjakan soal yang mudah dulu. Ketika menghadapi ujian subjek mengatur kembali jadwal belajar, menyiapkan bahan materi untuk belajar, membaca ringkasan, mengerjakan soal latihan, menjaga konsentrasi dan kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Aan Hasanah. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bamdung: Alfabeta.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Erman Suherman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamzah B. Uno. 2016. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayati. 2013. Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran Pada Mata Diklat Melaksanaka Proses Administrasi Transaksi Di Smk Taman Siswa Sumpiuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Sumpiuh: e-jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 2 (1): 39-40. Diambil dari: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/373.28. (diakses 20 Desember 2017).

Maulana Al Kahfy. 2014. Cara Belajar Siswa Berprestasi di SMP Negeri 32 Surabaya. Diambil dari: https://www.academia.edu/10181757/PENELITIAN_KUALITATIF_ CARA_BELAJAR_SISWA_BERPRESTASI_DI_SMP_NEGERI_32_ SURABAYA (diakses 19 September 2017).

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ragiel Rangga Febrianisah. 2016. Cara Belajar Sejarah Siswa Berprestasi di SMA Negeri 12 Surabaya. Surabaya: e-Jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 4, Nomor 3, Oktober 2016. Diambil dari:

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article. (diakses 19 September 2017).

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardjono. 2007. Filsafat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tiara Ernita, Fatimah, Rabiatul Adawiah (2016), Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin. Banjarmasin: e-Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 6, Nomor 11, Mei 2016. Diambil dari: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/747

(diakses 20 Desember 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i2.23027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Venie Gupitasari, Edi Prajitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.