HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Emi Salamah, Abdul Taram

Abstract


Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah berhubungan dengan banyak faktor. Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir logis merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar matematika kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.  

Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling terhadap kelas dan diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir logis, dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independen. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi linear ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan uji F yaitu   atau  dengan  dan  dengan , dengan  dan ,  dan .


Full Text:

PDF

References


Safitri, Lisa Ariesti, Rosidin, Undang, dan Ertikanto, Chandra. 2013. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi dengan Hasil Belajar melalui Model PBL. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains: UNY.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utami dkk. 2012. Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA: UPI.

Susanti, Sinta. 2017. Hubungan antara Fasilitas




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Emi Salamah, Abdul Taram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.