EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23018Abstract
SMP Muhammadiyah 1 Minggir merupakan salah satu sekolah yang hasil belajar matematikanya masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Kegiatan belajar masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2017/2018.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel diambil dua kelas dengan teknik random sampling yaitu dengan cara undian, diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi kemampuan awal siswa dan tes. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikans 5% dan derajat kebebasan 62 menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan thitung= 2,0912 dan ttabel =1,999 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak. (2) Pembelajaran matematika menggunakan model STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,0912 dan ttabel = 1,6698, sehingga nilai thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak.
References
Agus, Nuniek Avianti. 2008. Mudah belajar matematika 2 untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi.
Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License