EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Arief Rahmanudin, Uswatun Khasanah

Abstract


SMP Muhammadiyah 1 Minggir merupakan salah satu sekolah yang hasil belajar matematikanya masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Kegiatan belajar masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2017/2018.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel diambil dua kelas dengan teknik random sampling yaitu dengan cara undian, diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode  pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi kemampuan awal siswa dan tes. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t.

Hasil uji hipotesis dengan  taraf signifikans 5% dan derajat kebebasan 62 menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD dengan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan thitung= 2,0912 dan ttabel =1,999 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak. (2) Pembelajaran matematika menggunakan model STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,0912 dan ttabel = 1,6698, sehingga nilai thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak.


Full Text:

PDF

References


Agus, Nuniek Avianti. 2008. Mudah belajar matematika 2 untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi.

Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arief Rahmanudin, Uswatun Khasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.