PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Kemandirian belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII D semester genap SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D semester genap SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2017/2018. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi kemandirian belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Pada siklus I rata-rata kemandirian belajar siswa mencapai 52,00% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 72,78% dengan kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Muhammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooeratif Meningkatkan kecerdasan Komusinkasi antar Peseta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekeretariat Negara. Jakarta.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sani, Ridwan Abdullah. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.