EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ICM (INDEX CARD MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Nova Risky Amalia Universitas Ahmad Dahlan
  • Aris Thobirin Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22570

Keywords:

Efektivitas, Index Card Match, Konvensional, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Proses pembelajaran matematika di sekolah yang masih berpusat pada guru menjadikan siswa kurang aktif dan mengantuk pada saat pembelajaran karena bosan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bermaksud untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe index card match (ICM). Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Piyungan Bantul tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa dokumentasi, lembar observasi dan tes berupa soal pilihan ganda. Uji instrumen meliputi uji validitas, uji daya pembeda dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Berdasarkan uji hipotesis rata-rata dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan = 38, diperoleh dan 2,02534, sehingga 2,02534, sehingga diterima dan ditolak, dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Piyungan Bantul tahun ajaran 2017/2018 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ICM dengan siswa yang menggunakan model konvensional.

References

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zaini, H dkk. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles