PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII E SMP Negeri 3 Kasihan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII E SMP Negeri 3 Kasihan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setting penelitian ini adalah setting kelas VIII E SMP Negeri 3 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran koopertaif tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan terjadinya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus I rata-rata kerjasama siswa mencapai 52,78% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kerjasama siswa meningkat menjadi 73,81% dengan kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. (2016). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
K., Roestiyah N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.