PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22569Keywords:
Meningkatan, Kerjasama, STAD.Abstract
Kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII E SMP Negeri 3 Kasihan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII E SMP Negeri 3 Kasihan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setting penelitian ini adalah setting kelas VIII E SMP Negeri 3 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran koopertaif tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan terjadinya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus I rata-rata kerjasama siswa mencapai 52,78% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kerjasama siswa meningkat menjadi 73,81% dengan kriteria baik.
References
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. (2016). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
K., Roestiyah N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License