PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Mufidatun Fajari, Uswatun Khasanah

Abstract


Kemampuan komunikasi matematika sangatlah penting. Namun komunikasi matematika setiap siswa dalam proses belajar mengajar tidaklah sama. Hal ini wajar terjadi karena setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda, salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar VAK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keampuan komunikasi matematika siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas XI MIPA 2 yaitu siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penentuan subjek penelitian menggunakan angket gaya belajar. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan metode tes kemampuan komunikasi matematika dan wawancara untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika subjek. Untuk menguji kredibilitas data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komuikasi matematika yang dimiliki subjek bergaya belajar Kinestetik cederung lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi metamatika subjek bergaya belajar Visual dan Auditori yaitu dengan presentase subjek bergaya belajar Kinestetik 92,31% sedangkan subjek bergaya belajar Visual dan Auditori 89,74%. Subjek bergaya belajar kinestetik membuat situasi matematika dan menyusun penjelasan jawaban suatu masalah dengan tepat. Sedangkan subjek bergaya belajar visual dan auditori membuat situasi dan menjelasakan jawaban suatu masalah kurang tepat. Tetapi dalam menyatakan hasil atau kesimpulan atas jawaban suatu pemasalahan ketiga subjek menuliskannya dengan tepat. 


Keywords


Gaya Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika, Gaya Belajar VAK

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategi. Jakarta : Gramedia.

Pawesti, Brigitta Anggit (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Setyawan, Fariz. (2017). Profil Representasi Siswa SMP Terhadap Materi PLSV DItinjau Dari Gaya Belajar Kolb. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika Diakses pada 27 Desember 2017 pukul 04.58.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & B). Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.