HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH SEWON KABUPATEN BANTUL

Sulis Solihati, Abdul Taram

Abstract


Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah berhubungan dengan banyak faktor. Kemampuan koneksi matematika dan intensitas belajar merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan koneksi matematika dan intensitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 69 siswa . Sampel diambil dari kelas VIII A sebagai kelas sampel penelitian  dengan teknik random sampling, terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data kemampuan koneksi matematika dan  hasil belajar matematika, serta metode angket untuk memperoleh data intensitas belajar. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan koneksi matematika dan intensitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan uji F yaitu Fhitung > Ftabel atau 6,381071774 > 3,44000. Koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,605910583 dan koefisien determinasinya (sebesar 0,292054561 dengan persamaan regresi linier ganda, dengan SRX1 = 37,8% , SRX2 =62,2% dan SEX1=11,03%, dan SEX2=16,83%.


Keywords


Kemampuan Koneksi Matematika, Intensitas Belajar, Hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asari, Abdur Rahman, dkk., (2017). Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester Genap. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harjanti, Sandra. 2016. “Hubungan Intensitas Belajar dan Kemampuan Verbal dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS Semester I SMA Muhammadiyah I Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: SkripsiUAD.

Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. [Online]. Tersedia:http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan - koneksi matematis/. [diakses tanggal 17 Agustus 2015].

Khasanah, Uswatun. (2016). Analisis Regresi. Yogyakarta: Pendidikan Matematika UAD.

Khoiriyah, Ma'rifatun. (2011). Hubungan antara Kemampuan Numerik, Kemampuan Koneksi Matematika, dan Interaksi Belajar Teman Sekelas dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 2 Banguntapan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: SkripsiUAD.

Purwanto, Ngalim. (2011). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

______. (2012). Prinsip-prinsip dan Tematik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachma, Zulia Nur. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri, Teman Sebaya dan Intensitas Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: SkripsiUAD.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 56-66.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparman. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: MIPA UAD Press.

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

The National Cuoncil of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.