PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MATEMATIKA

Rohmathul Maisaroh, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul diketahui bahwa siswa memiliki tanggung jawab yang rendah terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dikelas pada pembelajaran matematika yang terlihat dari seringnya siswa tidak membawa buku pelajaran, kecenderungan untuk mencontek jawaban teman dan siswa tidak memperhatikan guru saat menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number-Head-Together (NHT) di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C semester genap di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Objek pada penelitian ini adalah tanggung jawab belajar matematika siswa melalui model pembelajaran koopperatif tipe Number-Head-Together (NHT). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number-Head-Together (NHT) dapat meningkatkan tanggung jawab belajar matematika siswa kelas VII C di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar 18% sesuai dengan tiap-tiap indikator tanggung jawab siswa yang dari siklus pertama diperoleh presentase 62% dan meningkat pada siklus kedua mencapai 80%.


Keywords


Peningkatan, Tanggung Jawab, NHT

Full Text:

PDF

References


Budiyanto. (2016). Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (CTL). Malang: UMM Press

Hamzah, B. (2012).Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi. (2007). Evaluasi Program Penddikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Zubaidah, S. (2016). Ketrampilan Abad ke-21: Ketrampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran dalam http://www.researchgate.net/publication/318013627_Ketrampilan_Abad_Ke-21_Ketrampilan_Yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran. diakses pada tanggal 08 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

admathedust stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.