PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA

Khafizh Amrullah, Suparyan Suparyan

Abstract


Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika menggunakan perangkat smartphone berbasis android dapat menyajikan pembelajaran matematika lebih menarik, dapat mengalihkan perhatian siswa dalam menggunakan smartphone-nya dan dapat digunakan untuk pembelajaran individu atau mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android untuk materi sistem persamaan linear tiga variabel serta mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Objek dari penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berbasis android dengan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangkan dari angket penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 53 dengan kategori baik. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh skor rata-rata 57 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian dari praktisi pembelajaran (guru) diperoleh skor rata-rata 76 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penilaian respon siswa pada uji coba kelas kecil masuk ke dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 71,25. Kemudian pada uji produk mendapatkan skor rata-rata 71,37 dan masih masuk ke dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Full Text:

PDF

References


Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyarta: Deepublish.

H., N. S. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Prawiradilaga, D. S., & DKK. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group

Riyanto, S., Wijaya, H., & Soerojo, D. (2016). Selling Yourself: Menang Bersaing Di Era MEA. Bandung: Kaifa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.