HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Fitria Nadhif, Suparyan Suparyan

Abstract


Berdasarkan informasi dari siswa Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul penelitian ini didasari pada rendahnya kemandirian belajar siswa, lingkungan belajar di rumah yang kurang kondusif , dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar matematika siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear. aHasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar matematika siswa kelas X Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Dengan Fhitung= dan Ftabel= , sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel. Koefisien korelasi ganda (R) sebesar dengan persamaan regresi linear . Besar sumbangan relatif = dan = , dengan determinasi ganda (R2) sebesar serta sumbangan efektif = dan =.


Keywords


Kemandian Belajar (X1), Lingkungan Belajar di Rumah (X2), Hasil Belajar Matematika (Y).

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayati, E. (2011). Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, S.L. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling: Studi dan Karir. Yogyakarta: ANDI OFFSET.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.