HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22501Keywords:
Kemandian Belajar (X1), Lingkungan Belajar di Rumah (X2), Hasil Belajar Matematika (Y).Abstract
Berdasarkan informasi dari siswa Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul penelitian ini didasari pada rendahnya kemandirian belajar siswa, lingkungan belajar di rumah yang kurang kondusif , dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar matematika siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear. aHasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar matematika siswa kelas X Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Dengan Fhitung= dan Ftabel= , sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel. Koefisien korelasi ganda (R) sebesar dengan persamaan regresi linear . Besar sumbangan relatif = dan = , dengan determinasi ganda (R2) sebesar serta sumbangan efektif = dan =.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhayati, E. (2011). Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, S.L. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling: Studi dan Karir. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License