HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini didasari pada kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas MIPA1, MIPA2, MIPA3, MIPA4, dan MIPA5 yang keseluruhan berjumlah 161 siswa. Diperoleh kelas MIPA 3 sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk memperoleh data aktivitas belajar, serta metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Maya, Adhiawati. 2014.Pengaruh pembelajaraan kooperatif mind mapping terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.