PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI SMK YADIKA Kabupaten Cirebon)

Sucipto Ismanda, Laelasari Laelasari

Abstract


Fokus utama dalam  penelitian  ini  adalah  upaya  meningkatkan  kreativitas matematis siswa dimana yang diteliti adalah beberapa hal berikut yaitu,  respon  siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertaifi tipe GI pada materi dimensi dua, kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe GI, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran koopertif tipe GI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri  dari  3  siklus,  setiap  siklus terdiri dari tahap perencanaan,  implementasi  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 01 SMK YADIKA , dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian pada analisis respon siswa, diperoleh sebagian besar siswa menyampaikan kesan    positif    terhadap    pembelajaran    matematika    dengan   menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Pada aspek kreativitas hasil belajar  matematis menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 70,40, siklus II sebesar 75,34 dan siklus III sebesar 80,21. Hal ini juga diperkuat oleh rata-rata indeks gain antar siklus dengan kriteria sedang. Dan dari hasil indikator kreativitas siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya.


Keywords


Model Pembelajaran Koopertif Tipe GI, Kreativitas Siswa, Saran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i1.20614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sucipto ismanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.