PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA RELASI FUNGSI MODEL CRH SMP NEGERI KOTA CIREBON

Muhammad Addiniyatma Syamsudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman materi pada siswa saat kegiatan belajar berlangsung di salah satu SMP Negeri di kota CIrebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan observasi serta lembar aktivitas siswa, pretest-posttest yaitu dengan memberikan soal sebelum diberi perlakuan dan diberi soal lagi setelah diberi perlakuan, dan untuk mengetahui hasil aktivitas siswa diberi lembar aktivitas siswa. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII I (8i) berjumlah 33 siswa dengan model pembelajaran CRH. Hasil penelitian ini adalah yang mengikuti pembelajaran Matematika pada materi relasi dan fungsi terdapat 8 siswa dipresentasikan 35.5 % yang mendapatkan nilai sempurna, ada 7 dipresentasikan 32.3 % siswa yang mendapatkan nilai amat baik, 5 siswa dipresentasikan 3.2 % yang mendapatkan nilai baik dan 9 siswa atau 29 % yang mendapatkan nilai kurang. Namun dalam kelas ini siswa semua dapat memahami konsep dari materi relasi dan fungsi dikarenakan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai amat kurang atau tidak mendapatkan nilai sama sekali. Nilai rata rata keseluruhan adalah 78.06 dan berada pada kualifikasi baik. Maka dapat diterima yaitu rata-rata hasil belajar matematika kelas VIIIi dengan menggunakan model pembelajaran CRH lebih dari KKM.


Keywords


Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran CRH

Full Text:

PDF

References


Rully Brasmasti, Kamus Matematika (Cet I;Jakarta: Aksara Sinergi Media, 2012) h. 110

Djamarah, Bahri, Syaiful. Zain, Aswan. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Hanafiah, & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar – Ruzz Media

Mustika, Juitaning. 2016. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH). Volume 2 No. 2. Hlm. 224-232. Jurnal : e-DuMath




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.14488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Addiniyatma Syamsudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.