PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KOTA SORONG

Nika Fetria Trisnawati, Muhamad Ruslan Layn, Arie Anang Setyo, Rahmatullah Bin Arsyad, Muhammad Fathurrahman, Sundari Sundari, Tolhas H. Banjarnahor

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Cooperative Script terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi   Experimental  Design dengan desain eksperimen Non-Equivalent Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kota Sorong dengan dua kelas sebagai sampel acak, kelas IX A sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan berupa penerapan model Cooperative Script pada pembelajaran dikelas dan kelas IX B sebagai kelas Kontrol dengan tidak memberikan perlakuan khusus. Perangkat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal pretest  post test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model Cooperative Script  terhadap hasil belajar kelas IX A SMP Negeri 1 Kota Sorong dengan persamaan regresi Y = 39,396 + 0,543X, dengan kriteria pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS 23.0 bahwa hasil perhitungan nilai sig. adalah  0,000 < 0,005 dan perbandingan nilai thitung 5,372 > ttabel 2,045.

Keywords


Pengaruh, Cooperative Script (CS), Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, RB. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Cooperative Learning dan teknik Napier pada siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 2, Hal 14-25, Desember 2016.

Fathurrahman, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 1, Hal 1-7, Juni 2016

Hasbinet. (2017). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Vol. 3, No. 3, September 2017.

Kusuma, J.W., & Hamidah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap minat dan hasil belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, April 2019.

Lambiotte, 2013.Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lamusu, H Mitrawati, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo 1(1).

Sari, Yuliana Puspita., Rusdi., Effie Efrida Muchlis. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.2, No.1, April 2018.

Setyo, Arie Anang. (2017). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Integrasi Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri di Kelas V Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 6, No. 1, Hal. 1-11, Juni 2017

Slavin, R.E., 2006. Accommodating student diversity in reading and writing instruction: a cooperative learning approach, Journal of Technology Education, 18 (1): 52-55

Susiloyoga, J. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menentukan Peluang Suatu Kejadian dengan Model Pembelajaran Kooperative Script pada Siswa Kelas IXIPA 3 SMA Negeri 2 Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 39-62.

Tiara, Irma., Sanjaya., & Edi, R. (2014). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Jurpenkim, Volume 1, Nomor 2.

Trisnawati, Nika Fetria. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah I Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 2, Hal 26-32, Desember 2016.

Trisnawati, Nika Fetria. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Jurnal Median, Vol. IX, No. 3, Hal. 36-42, Oktober 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.14858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nika Fetria Trisnawati, Muhamad Ruslan Layn, Arie Anang Setyo, Rahmatullah Bin Arsyad, Muhammad Fathurrahman, Sundari Sundari, Tolhas H. Banjarnahor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com