PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Riza Aldira, I Nengah Suparta, I Gusti Putu Sudiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran himpunan dengan pendekatan Matematika Realistik berorientasi pendidikan karakter pada siswa jenjang SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang mengacu pada model Plomp (Plomp, 2013) yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase), fase penilaian (assessment phase). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Denpasar dengan populasi 191 siswa dari lima kelas yang ada Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Buku Petunjuk Guru dan Buku Siswa. Perangkat ini dimaksudkan untuk mendukung implementasi pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk menjamin kualitas perangkat yag dihasilkan, kita lakukan uji / test utnuk aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan analisis data dapat kita simpulkan, perangkat yang dihasikan memiliki kualitas berikut: 1) buku siswa valid dengan rata-rata nilai 3,175 maka dari itu dapat dinyatakan valid dan buku guru valid dengan rata-rata nilai 3,128 dinyatakan valid. 2) angket respon siswa terhadap buku siswa, angket respon guru terhadap buku guru, dan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dapat dinyatakan praktis. 3) Tes hasil belajar siswa dan instrumen sikap kerja keras tergolong dalam kategori sangat baik.


Keywords


Pendidikan Matematika; Himpunan; Perangkat Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Ahmadi, A., 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, S. B., 2003. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Dwiyana. 2015. Realistic Mathematics Learning Using Cooperative Model in Junior High School. (online). (www.iiste.org, Home, Vol. 6, No. 29 (2015)). Diakses 28Juli 2016.

Haryati, S., 2017. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. TersediaSecara Online Http : lib Untidar Ac Idwp-ContentuploadsDiaksesBdg. Indonesia. 17 Maret 2017.

Plomp. 2013. Educational Design Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.

Rochmad, 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika hal 3.

Sadra, 2007. Pengembangan model pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dalam pelatihan guru kelas I SD. Univ. Negeri Surabaya.

Tanjungsari, R. D., 2011. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kertanegara Kabupaten Tahun Ajaran 2011/2012. Univ. Negeri Semarang.

Trianto, 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Prenada Media Grup.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran hal 16.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.14283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riza Aldira, I Nengah Suparta, I Gusti Putu Sudiarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com