PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PELAJARAN AL - ISLAM II DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Nelfiyanti - Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta Pusat
  • Didi Sunardi Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta Pusat

DOI:

https://doi.org/10.12928/si.v15i1.6185

Keywords:

Pembelajaran, Al-Islam II, PBL, Pemahaman, Student Center

Abstract

Proses pembelajaran semakin lama semakin menemukan metode yang baru yang menuntut mahasiswa lebih aktit bahkan superaktif dalam belajar sehingga mahasiswa dapat memahami materi apa yang diinginkan dari silabus matkul Al-islam II. Metode ini dinamakan PBL (Problem Based Learning). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, serta evaluasi adan refleksi. Dalam penelitian ini, diharapkan dapat menigkatkan minat baca dan belajar mahasiswa baik yang dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas. Karena proses pembelajaran dengan metode PBL lebih banyak menganalisa suatu kasus yang menuntuk pastisipasi semua mahasiswa dalam proses belajar. Dengan penerapan metode PBL yang dilakukan membuat mahasiswa termotifasi untuk lebih aktif dalam memecahkan suatu masalah yang ada. Dan ini sudah dapat dibuktikan dengan aktifnya mahasiswa dalam tim kelompok dan persentasi untuk mempertahankan solusi yang diberikan.

Downloads

Issue

Section

Article