ANALISIS KUALITAS LAYANAN RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANO-PRCA DAN AIM
DOI:
https://doi.org/10.12928/si.v14i1.3707Abstract
Dalam penelitian ini, 28 atribut layanan teridentifikasi untuk menilai kualitas layanan restoran. AnalisisKano dengan model Penalty Reward Contrast Analysis (PRCA) digunakan untuk mengklasifikasikan
apakah atribut tersebut termasuk kategori performance, basic, excitement, atau indifferent. Selanjutnya,
untuk menilai skor kepuasan dan tingkat kepentingan masing-masing atribut layanan digunakan metode
Adequacy Importance Model (AIM). Hasil integrasi kedua model ini (PRCA dan AIM) dapat digunakan
untuk menentukan apakah atribut layanan perlu ditingkatkan atau dipertahankan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat lima atribut layanan yang harus ditingkatkan dan dua puluh tiga atribut
layanan yang sudah baik dan harus dipertahankan.
Kata kunci: Analisa jabatan, evaluasi jabatan, Analytical Hierarchy Process, Point System, struktur gaji
dasar.
Downloads
Published
2016-04-04
Issue
Section
Article
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.