ANALISIS KUALITAS LAYANAN RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANO-PRCA DAN AIM

Authors

  • Ronald Sukwadi Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Agustin Dian Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.12928/si.v14i1.3707

Abstract

Dalam penelitian ini, 28 atribut layanan teridentifikasi untuk menilai kualitas layanan restoran. Analisis
Kano dengan model Penalty Reward Contrast Analysis (PRCA) digunakan untuk mengklasifikasikan
apakah atribut tersebut termasuk kategori performance, basic, excitement, atau indifferent. Selanjutnya,
untuk menilai skor kepuasan dan tingkat kepentingan masing-masing atribut layanan digunakan metode
Adequacy Importance Model (AIM). Hasil integrasi kedua model ini (PRCA dan AIM) dapat digunakan
untuk menentukan apakah atribut layanan perlu ditingkatkan atau dipertahankan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat lima atribut layanan yang harus ditingkatkan dan dua puluh tiga atribut
layanan yang sudah baik dan harus dipertahankan.

Kata kunci: Analisa jabatan, evaluasi jabatan, Analytical Hierarchy Process, Point System, struktur gaji
dasar.

Downloads

Published

2016-04-04

Issue

Section

Article