ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (PT. GAIDO CITO EKAKURINDO CABANG SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.12928/si.v13i1.1842Abstract
Banyak faktor dalam menentukan kepuasan pelanggan salah satunya yaitu dengan menentukan presepsi pelanggan mengenai kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa. Lima dimensi tersebut yaitu, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan tangible. Dengan banyaknya persaingan jasa pengiriman ini maka perlu menjaga kepuasan dan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Penelitian ini mengukur kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa di PT.Gaido Cito Ekakurindo Cabang Surabaya dengan menghitung penilaian dari pelanggan terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang ada. Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan tentang kualitas pelayanan. Sedangkan regresi linier digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari variabel independen (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty) terhadap variabel dependen (kepuasaan pelanggan). Berdasarkan hasil anlisis yang telah dilakukan dengan menggunakan CSI menunjukan nilai 0,566 atau 56% cukup puas dan hasil variabel yang sangat berpengaruh harus diperbaiki dari regresi menunjukan variabel tangible terdapat di kuadran 1 yang dapat diketahui dengan regresi dan Importance Performance Analisys (IPA). Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Regresi Linier Berganda, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI).Downloads
Published
2015-04-09
Issue
Section
Article
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.